Sebagai penonton anime digimon dari seri paling awal sampai yang terbaru ini saya merasa adanya keterikatan dengan seri ini. ketika pertama kali menonton saat masih sekolah dasar menontonnya di hari minggu pagi di tv swasta sekarang menonton film penutupnya yang harusnya tayang dibioskop tapi akhirnya ditonton di layanan streaming ketika sudah beranjak dewasa terasa sekali saya tumbuh besar dengan seri satu ini. bagaimana cerita penutup untuk seri ini? setelah saya cukup kecewa dengan film sebelumnya.

Menceritakan lima tahun setelah Digimon Adventure tri. Taichi & teman-temannya mencapai usia dewasa. Mereka dikejutkan dengan informasi bahwa kemitraan dengan Digimon mereka akan segera berakhir karena mereka bukan lagi anak-anak. Sementara itu, Digimon yang kuat bernama Eosmon muncul merampas DigiDestined. Taichi, Agumon dan semua temannya bertarung bersama untuk terakhir kalinya menyelamatkan dunia.

Anime Digimon Adventure: Last Evolution Kizuna dibuat sebagai perayaan ulang tahun franchise digimo yang ke 20. jadi film ini dirilis tahun 2019 di jepang sana. selain film in iada juga seri digimon adventure yang sedang tayang yang ceritanya benar – benar baru meskipun para karakternya tetap sama. Baiklah setelah 2 tahun lau pada taun 2018 cerita digimon adventure tri movie tamat yang cukup membuat saya kecewa dengan endingnya yang gitu deh bisa baca reviewnya disini. saya mengira cerita di film itu akan menjadi penutup ternyata saya salah ternyata masih ada lanjutannya lagi yang kemungkinan akan menjadi terakhir karena sepertinya dari seri ini sudah tidak bisa diperas lagi.

Setelah ini saya akan mungkin memberikan spoiler. bagi yang yang tidak suka boleh tidak usah membacanya.

Jadi ceritanya sendiri menurut saya bagus banget meskipun cukup klise. mungkin tema inti dari menjadi dewasa dan terus melangkah maju. saya sangat suka dengan ceritanya, karena mereka bukan sudah anak – anak terpilih lagi, kebanyakan dari mereka sudah menjadi dewasa beberapa sudah kuliah, tidak selamanya anak – anak terpilih akan terus bersama dengan digimon partnernya. bila ada pertemuan tentu saja ada perpisahan. Jadi bila ini menjadi ending sebenarnya dari seri digimon ini maka ending di DA02 tidak bisa dipakai karena di cerita tersebut para anak – anak terpilih bahkan ketika sudah dewasa masih bersama digimon mereka.

Banyak hal yang saya suka di film ini. mungkin yang paling saya suka ada bagaimana sutradaranya menaruh musik di anime ini sangat pas banget. banyak banget BGM di film ini yang memang biasa dipakai di seri ini,. dari awal saja sudah mengingatkan dengan seri ini mungkin emang anime ini cocok bagi penonton lama yah. bagi penonton baru mungkin kalian harus menonton dari seri pertamanya. nuansa nostalgia selain di musik banyak banget yang saya ingat. mulai dari musuhnya, digimon yang pertama muncul adalah digimon burung yang pertama kali muncul di film perdananya yang menjadi prekuel sebelum seri pertamanya. lalu digimon yang menjadi musuh utamanya mengingatkan saya dengan diaboromon bahkan saat ketika akan ke dunia digital caranya pun hampir sama dengan anggota yang sama.

Saya cukup kaget dengan desain digivice terbarunya karena bentuknya seperti smartphone masa kini. tidak ada penjelasannya kenapa mereka menggunakan digivice model baru ini padahal digivice mereka masih ada dan pada disimpan.

Apa ada yang ingat nasib dari para karakter anak – anak DA02 yaitu daisuke cs di film sebelumnya? di 6 film itu mereka cuma tidur doang bahkan cuma disebut beberapa kali doang dan pada gak ingat sama mereka, disini mereka ada sedikit peran. sedikit banget bahkan gak terlalu banget berpengaruh dalam cerita ini peran mereka menurut saya. kenapa gada imperialdramon?

Fokus film ini adalah tentang taichi dan yamato beserta partner mereka. dari awal sampai akhir fokusnya ke pasangan ini aja. yah meskipun jujur saya juga bosen dengan mereka berdua tapi mau gimana lagi mereka karakter utama dengan digimon yang kuat dan evolusinya bisa sampai tahap akhir.

Kekuarangan dari seri ini mungkin adalah durasi yang terlalu pendek jadi ceritanya cukup padat sampai – sampai banyak detail yang lupa dijelaskan, terlalu fokus dengan karakter taichi dan yamato membuat peran karakter anak – anak terpilih lainnya terasa seperti karakter sampingan saja. jujur saja saya pengen banget melihat evolusi digimon disini sampai tahap akhir agar terasa pertarungan klimaksnya tuh greget. tapi bila dijadikan seri film seperti digimon adventure tri ceritanya akan kurang greget rasanya. saya patut bersyukur karena kabarnya penulis cerita film ini adalah penulis cerita original serinya jadi tau bagaimana seri ini seharusnya gak kaya film sebelumnya.

Sebenarnya ini saya antara sedih atau bahagia melihat evolusi akhir dari agumon dan gabumon, dilihat dari bentuknya terasa aneh gitu tapi dari segi kekuatan saya merasa evolusi ini lebih kuat dari omegamon.

Jadi film ini saya merasa terpuaskan dengan cerinya. penutup seri yang indah sekaligus menyadarkan para penonton kita harus tetap melangkah maju meskipun harus kehilangan sesuatu yang sangat penting di hidup. skor anime ini di akun MAL saya adalah sebagai berikut

ada yang nonton digimon adventure 2020 tv? gimana ceritanya menurut kalian?

One thought on “[Review] Digimon Adventure: Last Evolution Kizuna – Cerita penutup perjalanan anak – anak terpilih

  1. bnr2 movie penutup yg mengharukan ya bang..kl inget dari awal gmn kita pertama x mulai nonton digimon adventure wajtu sd ampe 20 thn kemudian skrg ini akhirny dikasih jg kisah penutupny..sepertiny abis ini ga akan ad seri lanjutanny lg ya bang? digimon2 anak terpilih di movie ini jg keliatan sudah bubar putus hubungan ya bang meninggalkan anak2 terpilih ga bs ketemu lg? ad kesedihan yg terasa bang soalny di menit2 akhir movie ini..

    Like

Leave a comment