hanebado (6).png

Anime musim pertama musim panas yang akan saya ulas adalah anime yang olahraganya yang popularitasnya di indonesia sangatlah tinggi. baik dari kepopulerannya maupun prestasinya. tapi bagaimana dengan negara yang membuat anime ini ? bisa dibilang jepang saat ini salah satu raksasa dalam dunia bulutangkis. apakah dengan prestasi jepang saat ini mampu menghasilkan anime badminton yang bagus?

hanebado (2).png

Hanesaki Ayano, siswi kelas 1 di SMA Kitakomachi, Provinsi Kanagawa, memiliki talenta bermain bulu tangkis tak dapat dilampaui oleh pemain yang berlatih amat keras. Ia bertemu Aragaki Nagisa, siswi kelas tiga yang berlatih siang malah demi menjadi pemain bulu tangkis terbaik di Jepang. Setelah dibujuk oleh si pelatih; Kentarou Tachibana, dukungan dari teman satu ekskul, dan beberapa saingan yang menantang, kedua siswi tersebut terlibat dalam olahraga yang mendebarkan serta mencengangkan bagaikan melihat pesawat terbang yang melesat dengan kecepatan tinggi!

hanebado (8).png

Jadi setelah menonton seluruh episode anime ini maka saya dapat menyimpulkan anime ini lebih ke arah drama olahraga tapi tetap ada tema besar olahraganya sendiri. kenapa saya sebut begitu? karena saya merasa saat menonton anime ini lebih banyak dramanya daripada pertandingan badmintonnya.

Episode 1 bagi yang sering menonton anime olahraga mungkin bisa menebak cerita anime ini. awalnya saya mengira anime ini akan banyak bercerita tentang Bakat vs Kerja keras. tapi ternyata saya salah. selama 13 episode sangat jarang sekali membahas bakat vs kerja keras. malah 3 episode pertama malah memperbaiki sikap karakter nagisa yang menyebalkan setelah kekalahannya melawan hanesaki dulu dengan skor yang cukup memalukan.

hanebado (7).png

Yang paling menarik anime ini sebenarnya adalah karakter utamanya adalah cewek/perempuan. Jarang banget kan?  tolong kalo ada anime olahraga yang karakter utamanya adalah cewek tolong beritahu saya. seinget saya ada di chihayafuru tapi itu drama percintaannya kuat banget dengan aroma tikung menikung, ada juga harukana receive yang tayang musim panas kemaren bareng dengan hanebado ini.

Kenapa menarik? entah kenapa di anime rivalitas antara hanesaki dan nagisa ini terasa agak aneh sih awalnya, agak mirip – mirip haikyuu dimana hinata dan kageyama awalnya lawan tapi malah jadi kawan. Tapi di badminton terutama di pertandingan tunggal itu tidak ada kawan yang ada lawan saat berada dilapangan. di lapangan boleh menjadi lawan tapi diluar lapang mereka menjadi kawan. Tentu bukan hanya 2 karakter ini tapi karakter lainnya pun seperti begitu. ada saat dimana nagisa masih nyebelin berkat pelatihnya akhirnya tobat. tapi ada saat hanesaki sedang down para rekan satu klub pun akhirnya membuatna kembali bersemangat. Tapi itu menjadi awal mula cerita drama yang cukup menarik dinikmati bagi saya.

hanebado (20).png

Bagi yang belum nonton saya minta maaf bila tidak sengaja menyebarkan spoiler tapi toh namanya juga review/ulasan pasti banyak spoiler. Bila yang sudah menonton anime ini tentu cukup banyak reaksi ketika melihat kelakuan hanesaki  setelah latih tanding melawan sekolah lain. bagi saya setelah melihat proses ayano menjadi yandere atau raeg mode malah bagian paling menarik bagi saya. kenapa? karena lebih realistis gitu menurut saya.

hanebado (40)hanebado (37)hanebado (24)

Kelakuan ayano yang marah bagi saya sangat wajar dan realistis kenapa? yah wajar saja anak yang dekat orangtuanya karena badminton lalu ketika kalah dia ditinggalkan begitu saja. alasan ditinggalkannya pun meh bangetlah klasik banget. Tapi ada alasan – alasan lain sikap ayano menjadi raeg begitu selain karena ibunya. ayano saat smp kalah dari lawannya yang ternyata sengaja menularkan demamnya kepada ayano yang membuat pertandinganya menjadi kacau dan ayano kalah karena demamnya. bukannya menemani anaknya yang sedang sakit ibunya malah pergi lalu menghilang, ketika hilang pun malah dia punya anak (didik) di luar negeri.

Mungkin yang menonton episode awal sudah mengira-ngira akan muncul sang anak didik kehadapan ayanon. ternyata benar muncul dan tidak seperti dugaan saya kemunculannya akan memperbaiki hubungan ibu dan anak tapi malah makin memperkeruh hubungan ibu dan anak yang memang sudah keruh. jadi wajar dong ayano kelakuannya malah makin raeg. jarang – jarang dong karakter utamanya kaya begini, keliatannya ngeselin banget tapi bagi saya sikapnya yang seperti wajar alias realistis meskipun saya gak yakin ada orang seperti itu di dunia olahraga.

Saya paling kasian dengan karakter connie yang saya liat sifatnya itu tsundere tapi lebih ke arah tsundere yang sangat menyebalkan.

hanebado (45).png

Saya belum membahas tentang badmintonnya sendiri. baiklah akan saya bahas. Bagi yang pernah atau sering menonton pertandingan sesunggugnya mungkin akan merasakan atmosfer yang sama pada anime ini, bagaimana suara sepetau berdecit ketika bergeraka, suara pukulan kok ketika dipukul terasa di anime. badminton ini sebenarnya adalah olahraga yang sangat cepat seperti voli tapi bagaimana caranya agar bisa dinikmati oleh penonton? bila pernah menonton haikyuu sebenarnya formulanya sama seperti haikyuu, saya kurang ahli tapi kira -kira penjelasan singkatnya adalah timing yang pas menggunakan slow motion, penggunaan long shot ketika lebih membutuhkan cerita dan ketika membutuhkan adegan yang serius bisa menggunakan close up jadi ekspresi pemain bisa terlihat. perpaduan animasi 3d yang pas bahkan hampir tidak terlihat mampu selaras dengan animasi 2d nya.

cuman 2 hal sih yang membuat saya agak gimana melihat anime badminton ini. seragamnya sih yang agak gimana gitu buat main badminton. 1 lagi adalah model rambut beberapa karakter yang aneh banget buat manin badminton , ada yang kepang 2 super panjang, ada juga yang pake sumpit di rambutnya. yah namanya juga anime harap maklum saja

hanebado (46).png

Jadi apa kesimpulan anime ini? hmmmmm anime ini bisa juga dijadikan tontonan keluarga karena dramanya mungkin akan disukai bagi yang suka drama dan ada banyak pesan moral di anime ini. untuk bagian sportnya sih udah mantap udah bisa setara beberapa anime cabang olahraga lainnya seperti haikyyu, diamond no ace. Satu lagi faktor yang saya suka di anime ini adalah musiknya. untuk musik pembuka dan penutup sangat cocok dan enak didengar alias eargsm gitulah .

Skor anime ini di akun mal saya adalah sebagai berikut.

Hanebado    MyAnimeList net.png

hanebado (55).png

Apakah ada musim keduanya? entahlah karena anime ini adaptasi manga dan ceritanya sendiri sangat amat jauh dari manganya jadi saya agak ragu bakal dapat sekuel tapi jangan pernah berhenti berharap.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s