sangatsu

Sudah sangat lamas aya ingin membuat ulasan ini. alasan kenapa saya sangat ingin membuat ulasan anime ini adalah karena anime ini bisa dibilang underrated dan underwatched alias jarang orang menonton dan membicarakan anime. alasan lainnya adalah anime ini mengingatkan dengan cerita yang ada di hachimitsu clover dan ternyata memang authornya sama yaitu Chika Umino yang membuat hachimitsu no clover dan 3 gatsu no lion ini.

march come like lion (2).png

Rei Kiriyama, Dan V (lima) Pemain Shogi Pro, seorang anak jenius yang misterius. Dia hidup dan hanya berhubungan dengan sedikit orang, salah satunya adalah keluarga Kawamoto. Cerita ini dimulai ketika dia memenangkan pertandingan melawan seseorang yang dianggapnya sebagai ayah di masa lalu… Apakah rahasia yang disimpan oleh sang jenius shogi ini? Apakah hubungannya dengan ikatan dengan keluarganya di masa lalu? Terus ikuti kisah hidupnya bersama dengan keluarga Kawamoto yang selalu mengkhawatirkannya.

march come like lion (6).png

Saya tertarik dengan anime ini awalnya karena dari posternya di situ MAL tanpa membaca sinopsisnya lalu ketia sudah tayang pun saya tidak langsung menonton karena firasat saya mengatakan kalo anime ini lebih bagus ditonton secara marathon karena bikin penasaran aja tiap minggunya. ternyata memang benar anime ini  bikin penasaran tiap episodenya yang membuat saya penasaran episode selanjutnya.

march come like lion (4).png

Ceritanya menurut saya cukup bisa dibilang kadang cerita sangat berat kadang juga tertasa sangat ringan. cerita disini diambil dari sudut pandang kiriyama rei sang tokoh utama di anime. Banyak monolog dari kiriyama yang menceritakan dirinya dan disekitarnya. cerita bagaimana kiriyama menjadi pemain shogi dalam usia muda dijelaskan. alasannya cukup membuat sedih yang menontonnya.

march come like lion (16).png

Bagi saya anime ini lebih kepada keseharian kiriyama sebagai pemain shogi. meskipun ada shogi menjadi tema utamanya tapi bahkan bagi saya yang sama sekali gak ngerti tentang namanya shogi saya masih bisa menikmati anime ini seperti chihayafuru meskipun tidak mengerti tentang pertandingannya tapi tetap bisa menikmatinya. shogi itu semacam catur jepang gitu.

march come like lion (11).png

yang paling menarik disini adalah para karakternya berbagai macam jenis karakter ada di anime ini. interaksi tiap karakter sangat menarik. mungkin ada yang bilang terlalu lebay reaksi para karakternya tapi ini adalah ciri khasnya. bila ada yang pernah menonton hachimitsu to clover pasti tidak akan asing dengan pola tingkah laku para karakter disini.

march come like lion (40).png

yang menarik lainnya adalah terdapat berbagai macam sudut pandang cerita, tidak hanya dari kiriyama tapi dari karakter lain. di paruh kedua anime ini cerita lebh berfokus kepada shimada mungkin tidak terlalu menarik bila dicermati lebih dalam akan menemukan keunikannya tersendiri. cerita dari sudut pandang karakter lain tentu memiliki keunikannya sendiri.

march come like lion (9).png

karakter favorit saya selain karakter utama adalah karakter nikaido. bila melihat sekilas mungkin nikaido ini terlihat seperti anak orang kaya yang manja, yah tidak salah juga sih, saat pertandingan shogi dia selalu bersama dengan pelayannya lalu makan pun diberikan yang cukup mewah, wajar bila banyak yang melihat nikaido sepert itu. Tapi pada kenyatannya dia selalu bersama pelayan dan makanan khusus adalah karena dia mempunyai penyakit kronis sejak kecil. Tapi meskipun begitu saat bermain shogi dia adalah pribadi yang sangat serius dalam permainannya. lalu saat bersama dengan kiriyama kelakuan nikaido mampu membuat suasana kelam yang biasa di diri kiriyama seperti menghilang. kelakuan polos nikaido inilah yang membuat saya mneyukai karakter ini.

march come like lion (3).png

Sebenarnya anime ini menjadi semakin menarik ketika kehadiran 3 bersaudari dari keluarga kawamoto. kehadirannya itu mampu membawa perubahan di cerita anime ini. 3 bersaudari ini sangatlah unik. ibarat permen mereka itu rasanya bermacam-macam ada manis, asam dan berbagai macam rasanya kebetulan juga kakek mereka memiliki toko manisan tradisional.

kehadiran 3 bersaudari ini memberi warna baru bagi kehidupan kiriyama. bagi kiriyama keluarga kawamoto ini seperi menjadi keluarga keduanya. nuansa rumah keluarga yang hangat hadir di kediaman kawamoto ini memberikan kenyaman bagi kiriyama. meskipun terlihat bahagia keluarga kawamoto ini menyimpan masa lalu yang menyedihkan juga seperti kiriyama.

march come like lion (41).png

anime ini cukup sulit bagi saya untuk saya ulas karena anime ini cukup kompleks banget. bukan karena permainan shogi tapi karena  ceritanya yang sederhana tapi sangat bermakna. bagi kalian yang ingin menonton anime yang santai tapi bisa juga menjadi sangat serius, anime yang penuh makna kehidupan ini cocok bagi semua umur menurut saya sih.

skor anime ini di akun MAL saya adalah sebagai berikut?

3gatsu no lion.png

 

march come like lion (1).png

Dan anime ini ada season 2 nya loh dan menjadi semakin menarik loh ceritanya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s