Haikyuu S1 (10)

Anime olahraga bisia dibilang salah satu cara mempromosikan suatu olahraga agar menjadi lebih populer di khalayak umum .Sudah banyak bagaimana anime olahraga membuat suatu olahraga menjadi populer ada juga cerita seseoarang menjadi atlet karena menonton anime olahraga. Jadi apa hubungannya dengan anime yang akan saya ulas ini? entahlah.

Haikyuu S1 (12)

Bercerita tentang Shoyo Hinata, yang mulai bermain voli karena melihat pemain inspiratornya yang dijuluki ‘raksasa kecil’ saat masih di sekolah dasar. Hinata menderita kekalahan telak dalam turnamen terakhir untuk sekolah menengah pertama dari saingannya, Tobio Kageyama. Hinata akhirnya memutuskan bergabung dengan tim voli SMA Kurasuno dan bersumpah balas dendam pada Kageyama. Tak disangka, Kageyama akhirnya ikut bergabung dengan tim Kurasuno. Alhasil, dua musuh bebuyutan itu berada dalam satu tim. Bersama-sama mereka mengikuti turnamen lokal dan bersumpah mengalahkan saingan-saingan sekolah mereka.

Haikyuu S1 (11)

Anime olahraga adalah salah satu genre anime yang populer tapi jumlah anime olahraga ini jumlahnya tidak terlalu banyak karena bisa dibilang karena kebanyakan anime olahraga adalah adaptasi dari manga jadi karena manga olahraga yang bagus dan dapat layak mendapatkan adaptasi anime itu tidaklah banyak. Haikyuu adalah salah satu yang sangat layak mendapatkan adaptasi anime.

Haikyuu S1 (25)

 

Haikyuu ini ceritanya hampir sama dengan anime olahraga lainnya. yah formula anak kelas 1 datang dengan kemampuan yang sakti, kelas 3 yang akan mengikuti turnamen terakhirnya, masa lalu klub yang dulunya berjaya kini jatuh. yah formula anime olahraga emang gak bisa jauh dari itu sih.

Haikyuu S1 (16)

Haikyuu menurut saya adalah salah satu anime olahraga yang bisa dibilang terbaik atau mungkin yang terbaik. Menurut saya anime olahraga terbaik adalah masih tetap SlamDunk. kenapa saya bisa sebut haikyuu ini salah satu terbaik adalah pertama dan yang paling penting adalah kaga ada jurus – jurus aneh yang biasanya di anime olahraga lainnya. kedua adalah karena karakternya yang bukan karena jenius (kageyama doang yang disebut jenius disini) dari awal tapi karena usaha dan kerja keras. ketiga adalah anime ini emang olahraga banget kaga ada usaha curang dan meskipun ketika dilapangan mereka lawan tapi ketika diluar lapangan bisa jadi kawan antar tim bahkan saling membantu dengan latih tanding.

Haikyuu S1 (18)

Karakter utama disini adalah hinata shoyo anak kelas 1 yang ukuran tubuhnya bisa dibilang kecil untuk tim voli terutama untuk bagian penyerang, kageyama tobio seorang jenius setter yang dijuluki “RAJA” bisa dibilang kageyama ini mempunyai banyak masalah dengan rekan setimnya dulu saat smp. kedua karakter utama ini saling melengkapi, hinata yang mempunyai kecepatan dan lompatan yang bagus tapi masih banyak kekurangannya sedangkan kageyama yang dijuluki “RAJA” sulit bekerja sama dengan yang lain padahal setter adalah pemain yang mempunyai tugas mengontrol permainan karena tugasnya adalah mengumpan kepada pemain lain. kageyama dan hinata yang awalnya tidak akrab malah bisa dibilang saat dilapang mereka berdua saling melengkapi, mungkin bisa dibilang  kageyama menunggu seseorang yang mampu menerima umpan cepatnya lalu hinata menemukan orang yang bisa memberikannya umpan yang sangat cocok dengan kemampuannya.

Haikyuu S1 (33).png

Untuk karakter lainnya terutama untuk tim karasuno banyak karakter menarik, pemain andalannya asahi yang tinggi bermuka serama ternyata mempunyai hati yang rapuh (gap moe banget), nishinoya seorang libero mempunyai kemampun yang diatas rata -rata tapi tidak bisa diam, tanaka anak kelas 2 seperti nishinoya yang jago dilapangan tapi ketika diluar lapangan dia sering bermuka seram dan seperti nishinoya mereka penggemar dari manager tim kyoko. anak kelas 3 yaitu sugawara adalah setter karasuno sebelum kedatangan kageyama meskipun tersingkir tetapi masih mempunyai semangat untuk bertanding. kapten daichi kemampuan bertahan paling baik diantara yang lain ketika marah menyeramkan, tsukisima dan yamaguchi anak kelas 1, tsuki yang tenang tapi banyak berpikir ketika bertanding, yamaguchi selalu dibelakan tsukisima tapi mempunyai keinginan bermain voli meskipun kemampuannya biasa saja.

Haikyuu S1 (43).png

Musim pertama boleh dibilang adalah untuk perkenalan karena tim baru terbentuk dan anak kelas 1 masih banyak dasar – dasar voli yang perlu diasah. musim pertama ini juga banyak menyelesaikan masalah – masalah yang ada di tim ini. meskipun begitu ceritanya tetap membuat jantung berdegup kencang ketika melihat pertandingan karasuno ini.

Haikyuu S1 (45).png

Anime ini kan tentang voli jadi bagaimana dengan kualitas animenya ketika permainan berlangsung? menurut saya staff anime ini berhasil memperlihatkan bagaimana permainan voli di anime. maksud saya adalah permainan voli itu kan ketika pertandingannya berjalan itu sangat cepat nah di anime ini tidak secepat ketika di permainan voli aslinya tapi dengan beberapa adegan lambat seperti slowmotion ketika pertandingan tapi tidak membuat anime ini lebay malah terlihat sangat pas banget. saya yang menontonnya terasa seperti pemain dan kadang seperti penonton yang menonton langsung pertandingannya.

Haikyuu S1 (47).png

Saya hampir lupa membahasa salah satu karater yang paling diingat oleh saya di anime ini. sang “Raja Besar” Oikawa Tooru. seniornya kageyama ketika masih sms dan bisa dibilang adalah panutannya kageyama sebagai setter. Oikawa adalah setter yang hebat meskipun hebat tapi dia bukanlah seorang jenius seperti kageyama, Oikawa adalah seorang pekerja keras. ketika dilapangan kemampuannya seperti saya sebut sebelumnya tidak perlu diragukan lagi, oikawa salah satu setter terbaik di daerah tersebut (saya gak inget mereka tuh prefektur mana).  hal yang menarik dari oikawa selain kemampuannya adalah sifatnya yang santai ketika tidak bermain voli. contohnya adalah bagaimana dia sering bermain dengan cewek penggemarnya atau ketika dia memanggil orang lain, seperti tobio-chan, iwa-chan Gap moe di anime ini banyak yah.

Haikyuu S1 (54).png

Haikyuu S1 (56)

Mungkin sudah banyak yang tau anime ini mempunyai 3 musim tayang jadi mungkin sudah banyak tau bagaimana akhir musim pertama ini kan? bila ada kesempatan saya juga akan mengulas musim berikutnya. saya selalu kelupaan musiknya karena saya selalu tidak ingat bukan karena jelek, baguspun kadang saya lupa. intinya musik di anime ini sangat pas banget, lagu pembuka dan penutupnya selalu cocok buat anime ini.

Jadi anime ini adalah salah satu anime yang menurut saya bisa dinikmati oleh siapapun karena anime ini emang anime olahraga dengan yang tidak ada jurus – jurus aneh, menjunjung tinggi sportifitas dan mungkin salah satu anime yang rambutnya normal kaga aneh – aneh.

mal haikyuu

Haikyuu S1 (58).png

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s